SosMed...??? SosMed merupakan singkatan dari Sosial Media, menurut om “wikipedia” sosial media itu adalah : sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
SosMed telah menjadi teknologi cara bersosial dengan perkembangan yang cukup pesat. SosMed yang paling banyak di gunakan di Indonesia udah pada tau dong...??? Ya... Facebook, Twitter, Google+, instagram, dan youtube. Hampir semua kalangan mempunyai akun SosMed tersebut. Selain sebagai tempat untuk berbagi Informasi, SosMed juga digunakan untuk curhat-curhatan, mengutarakan isi hati, pencitraan diri, dan juga untuk keperluan bisnis serta pemasaran.
Dalam postingan kali ini akan dibahas tentang pemanfaatkan Sosial Media untuk usaha (bisnis).
Source : mediabisnisonline.com |
#1. SosMed Sebagai Sarana Memperkenalkan Bisnis.
Seperti kita ketahui, bisnis apapun yang di bangun tentunya harus bisa dikenal banyak orang. tanpa adanya pengenalan kepada halayak umum tidak mungkin dong suatu bisnis bisa maju dan berkembang. Pernah ada yang mengatakan, di era teknologi sekarang ini, untuk sukses harus bisa berdaptasi dengan perkembangan teknologi, termasuk untuk bisnis yang sukses.
Dalam melakukan promosi suatu bisnis, cara yang ampuh dan efektif untuk menarik pelanggan adalah dengan rekomendasi mulut ke mulut yang dalam dunia bisnis dekenal dengan istilah word of mouth. Seseorang akan lebih mudah terpengaruh dan percaya dengan rekomendasi dari teman atau orang yang dikenal nya.
Nah... dangan adanya SosMed, sebagai pelaku bisnis seharusnya bisa memanfaatkan SosMed untuk dapat memperkenalkan produk atau jasa kita. Mulai dari memperkenalkan pada orang-orang yang kita kenal, hingga pada akhirnya orang yang kita kenalkan produk atau jasa tersebut bisa tertarik dan merekomendasikannya pada teman lain dengan cakupan yang lebih luas melalui SosMed.
#2. SosMed Sebagai Sarana Iklan Murah Dan Efektif.
Bagi pelaku bisnis iklan adalah salah satu pilar penting dalam mengembangkan bisnis nya. Dengan membuat akun SosMed, pelaku bisnis bisa dengan mudah beriklan tanpa biaya yang besar. Selain itu, beriklan di SosMed juga sangat efektif. Jika di bandingkan dengan harus membayar iklan di media tradisional seperti media massa dan media elektronik, beriklan di SosMed jauh lebih efektif. Beriklan di SosMed juga terbilang gampang jika dibandingkan dengan media lainnya, dengan teman atau pun follower yang banyak di akun SosMed, maka semakin banyak orang-orang yang melihat iklan yang di posting. Membuat akun >> Teman atau Follower yang banyak >> Posting iklan.
#3. SosMed Sebagai Sarana Meriset Pasar dan Kompetitor.
Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya, SosMed banyak di gunakan sebagai sarana curhat-curhatan, mengutarakan isi hati, keluh kesah, menuangkan apa yang ada dalam pikiran. Dengan begitu, untuk pelaku bisnis bisa mendapatkan umpan balik dan dengan langsung melihat apa yang di inginkan oleh target pasar. Dengan begitu, pelaku bisnis bisa menjadikan hal ini untuk meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal.
Selain itu, di SosMed pelaku bisnis bisa dengan mudah melihat berapa banyak bisnis lain yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Hal ini juga bisa menjadi perbandingan untuk melihat seberapa menarik dan unik kah produk atau jasa yang ingin di tawarkan pada target pasar.
#4. SosMed Sebagai Sarana Pendekatan.
Dekat dengan konsumen membuat pelaku bisnis dengan mudah mendapat tanggapan dan respon langsung. Dengan SosMed pelaku bisnis bisa mendekatkan diri degan konsumen tanpa harus langsung turun ke lokasi (masa sih...??? :D). Hanya mengakses akun SosMed bisa langsung menanggapi komentar ataupun kritik dari pelanggan, dengan begitu selain anda sebagai pelaku bisnis senang pelanggan pun akan ikut merasa nyaman dengan tanggapan langsung tersebut.
Seperti yang kita ketahui, sejatinya SosMed di ciptakan untuk kita saling berinteraksi. Untuk itu, saat menggunakan SosMed ada baiknya bukan hanya terpaku pada iklan saja, mendekatkan diri dengan sapaan yang ramah, memposting hal-hal yang di sukai target pasar juga harus dilakukan.
Referensi :
Wikipedia
www.pakarbisnisonline.com
memang sangat bermanfaat sekali ini sosmed kalau digunakan di jalur yang baik...
ReplyDeleteiya bro, tapi kalau digunakan untuk yang tidak baik bakalan ngancurin pengguna nya sendiri yah bro.. :D
Deleteterimakasih kunjungan nya bro.. :)
Sosial Media untuk Pemasaran, ini benar dan sangat nyata. nice post
ReplyDeleteThx... ^_^
DeleteSaya paling suka twitter untuk memasarkan blog saya... hehehe
ReplyDeleteSaya masih pakai fb.. Soalnya twitter follower nya masih sedikit..
Delete